Terbitkan Resolusi Soal Uighur, Eropa Ancam Bekukan Aset Cina -->

Iklan Semua Halaman

Terbitkan Resolusi Soal Uighur, Eropa Ancam Bekukan Aset Cina

Admin
Kamis, 16 Januari 2020

Asianmuslim.com - Anggota Parlemen Eropa dilaporkan telah mengeluarkan resolusi terkait masalah persekusi terhadap Muslim Uighur oleh rezim Cina.

Eropa mengatakan bahwa catatan HAM Cina telah memburuk dalam satu tahun terakhir.

Mereka pun menyerukan Cina untuk segera mengakhiri praktik penahanan sewenang-wenang tanpa tuduhan, persidangan atau hkuman terhadap Muslim Uighur.

Menanggapi resolusi tersebut, Cina menuduh Parlemen Eropa telah berbuat munafik.

Beijing juga menyerukan Parlemen Eropa untuk mengabaikan standar ganda mereka tentang anti-terorisme dan berhenti mencampuri urusan dalam negeri Cina.

“Orang-orang Xinjiang dan orang-orang Cina memiliki hak yang lebih besar untuk berbicara (tentang situasi di Xinjiang) daripada mereka yang jauh di Eropa, yang belum pernah ke Xinjiang,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Geng Shuang pada konferensi pers reguler seperti dikutip dari Daily Mail, Sabtu (21/12/2019).

Cina menghadapi kecaman internasional karena mengumpulkan sekitar satu juta Muslim Uighur dan etnis minoritas Muslim lainnya di kamp-kamp konsentrasi di wilayah barat laut Xinjiang.

Parlemen Eropa juga menyerukan sanksi yang ditargetkan dan membekukan aset, jika dianggap tepat dan efektif, terhadap pejabat Cina yang bertanggung jawab atas represi berat hak-hak dasar di Xinjiang.

islampos.com
Baca Juga