Erdogan Siapkan Dana 257.7 T untuk Tanggulangi Corona, Berikut Perincian Alokasinya

Iklan Semua Halaman

Erdogan Siapkan Dana 257.7 T untuk Tanggulangi Corona, Berikut Perincian Alokasinya

Admin
Jumat, 20 Maret 2020

Asianmuslim.com - Turki di bawah kepemimpinan Erdogan begitu serius dalam menangani virus corona di negaranya. Berbagai kebijakan pro rakyat digulirkan selama menghadapi pandemi ini.

Rapat presiden bersama para petinggi menteri telah selesai dilakukan. Dan ini adalah hasil rapat yang diumumkan secara transparan oleh juru bicara kepresidenan.

Pemerintah Turkey menyiapkan dana sebesar 16 Milyar dolar atau setara 257.7 Trilyun rupiah untuk melindungi rakyat dalam menghadapi pandemi corona.

Dana sebesar ini diuraikan secara transparan, akan dipergunakan untuk apa. Dan berikut rincian alokasi dana sebesar 257.7 Trilyun tersebut.

A. Pemerintah akan menanggung dan membayar SGK semacam BPJS, semua warga Turkey sampai bulan Juni.

B. Pajak transportasi umum dan pribadi, meliputi MRT, Bis besar, Bis kecil, Kapal laut, kereta api, semuanya pajaknya diturunkan. Dari yang awalnya 18% menjadi HANYA 1%.

C. Uang pensiun akan dinaikkan. Minimal uang pensiun warga Turkey adalah sebesar 3.6 Juta rupiah. Tidak ada di bawah 3.6 juta.

D. Para pedagang dan pengusaha yang terhambat usahanya akibat pandemi covid-19, dan memiliki hutang ke Bank atau pinjaman resmi lainnya, sampai 3 bulan ke depan, tagihannya akan dibayarkan oleh pemerintah dengan catatan akan diganti setelah pandemi mereda. (Dalam diksi berita lain disebut bahwa kredit para pedagang/pengusaha ke Bank atau pinjaman resmi tidak akan ditagih sampai tiga bulan ke depan)

E. Pemerintah menyediakan Disinfektan, Alkohol, Hand Sanitizer dan masker dalam jumlah besar. Semua tempat umum seperti; Sekolah negeri dan swasta, Masjid, Gereja, sekolah tahfidz, taman bermain anak-anak, taman piknik, jalanan umum, transportasi umum dan restoran-restoran disemproti Disinfektan dengan GRATIS.

F. Bagi warga Turkey yang berusia 65 tahun ke atas, GRATIS mendapatkan tas berisi sekotak masker dan Hand Sanitizer. Dan diantar oleh petugas pemerintah ke alamat.

G. Petugas medis mendapat tambahan gaji dan fasilitas berupa sarapan, makan siang dan makan malam yang dipastikan lebih memiliki muatan gizi dan vitamin.

H. Untuk warga Turkey yang pensiun, saat tanggal gajian tiba, petugas bank akan datang mengantar uang gaji tersebut ke rumah.

Semua mobil akan dikerahkan untuk menghantar Masker dan Sanitizer ke rumah para lansia (65 tahun ke atas) dan di tanggal gajian, uang pensiun akan diantar petugas bank ke rumah.

Demikian hasil rapat Presiden dan jajaran menteri, hasilnya diumumkan secara terbuka. Dan rakyat Turkey menyambutnya dengan takbir dan airmata.