Ayahnya Seorang Nabi, Suaminya Nabi, Saudara dan Anaknya juga Nabi, Siapakah Dia?

Iklan Semua Halaman

Ayahnya Seorang Nabi, Suaminya Nabi, Saudara dan Anaknya juga Nabi, Siapakah Dia?

Admin
Jumat, 03 April 2020

Asianmuslim.com - Siapakah wanita paling beruntung tersebut? Memiliki ayah seorang nabi, suami, anak dan saudaranya juga nabi. Tentu saja dia seorang wanita mulia lagi istimewa. Wanita yang diliputi keberkahan dunia akhirat. Wanita yang pantas menjadi teladan bagi setiap wanita di dunia ini.

Dialah Laya, beliaulah seorang istri kesayangan Nabi Ayub 'alaihissalam. Wanita yang memiliki sederet gelar kemuliaan. Imam ibnu katsir dalam kitabnya menyebutnya sebagai wanita penyabar, ikhlas, kokoh, jujur, baik dan cerdas.

Laya adalah wanita yang ayah, suami, anak dan saudaranya adalah para Nabi.

Ayahnya Nabiyulloh Ya'qub 'alaihis salam.
Suaminya Nabiyulloh Ayub 'alaihis salam.
Anaknya Nabiyulloh Dzul kifli 'alaihis salam.
Saudaranya Nabiyulloh Yusuf 'alaihis salam.

Nabi Ayub adalah salah satu sosok nabi yang terkaya. Sebagai istri orang kaya Laya hidup penuh dengan kecukupan dan kesenangan yang tak terkira. Ditambah dengan sifat mulia suaminya yang baik dan penuh kasih sayang.

Meskipun hidup bergelimang harta Laya tetap menjadi wanita yang rendah hati, tidak sombong dan senantiasa bersyukur. Karena rasa syukurnya inilah nikmat itu terus bertambah, Laya dikaruniai keluarga besar dengan jumlah anak yang banyak. Semakin lengkap saja kebahagiaan yang dirasakan oleh Laya.

Sampai pada suatu ketika kebahagiaan itu satu persatu pergi meninggalkan Laya. Laya mendapatkan ujian melalui suaminya berupa penyakit yang menaun. Tidak hanya itu harta dan keluarganya satu per satu diambil oleh Sang Pemilik, Alloh azza wa jalla.

Namun demikian gelar wanita penyabar yang melekat pada jiwanya benar-benar terbukti. Ditengah ujian yang datang bertubi-tubi tidak mengurangi rasa syukur dan tetap bersabar. Laya senantiasa merawat nabiyulloh Ayub penuh dengan kasih sayang dan keikhlasan layaknya tatkala sehat dan keadaan bahagia.


Dan buah dari kesabarannya menghadapi ujian yang berat ini Alloh kembalikan seluruh kebahagiaan yang dulu pernah ada, harta dan keluarganya kembali seperti sediakala. Alloh bayar tunia kesabarannya di dunia sebelum di akhirat kelak. Dialah wanita surga yang pernah ada di bumi ini. Menjadi teladan dan inspirasi berharga. Semoga akan lahir Laya-laya abad ini.
Baca Juga