Biografi Singkat 7 Ulama Qurra` (Qira`ah Sab`ah) -->

Iklan Semua Halaman

Biografi Singkat 7 Ulama Qurra` (Qira`ah Sab`ah)

Admin
Jumat, 17 April 2020


Asianmuslim.com - Setiap disiplin ilmu dalam agama islam punya ahlinya sendiri. Sebagian contoh Ahli dalam ilmu fiqih disebut faqih, ahli dalam bidang tafsir disebut mufassir dan seterusnya. Nah ternyata ada juga ulama yang ahli dalam bidang qira'ah Qur'an (bacaan Qur'an) yang disebut ulama qurra. Siapa saja Ulama qiraah yang masyhur dikalanagan umat islam? Berikut ini 7 ulama Qurra atau qira'ah sab'ah (tujuh imam qiraat) yang disebutkan oleh Abu Bakar bin Mujahid.

1. Abu Amr al-Bashri

Nama lengkapnya Zabban bin al-Ala bin Ammar bin al-Uryan al-Mazini at-Tamimi al-Bashiri.

Imam ini lahir di Makkah pada tahun 68 H (ada yang berpendapat 70 H) dan wafat di Kufah pada tahun 154 H.

Imam ini memiliki dua perawi yaitu ad-Duri dan as-Susi. Abu Amr Hafs bin Umar bin Abdul Aziz ad-Duri an-Nahwi adalah nama lengkap ad-Duri (ad-Dur sebagai nisbat terhadap suatu daerah di Baghdad) dan dia wafat tahun 246 H. Adapun Abu Syu'aib Shalih bin Ziyad bin Abdullah as-Susi adalah nama lengkap as-Susi, yang wafat tahun 261 H.

2. Ibnu Katsir
Nama lengkapnya Abdullah bin Katsir al-Makki,

Seorang imam sekaligus penduduk asli Makkah yang tergolong Tabi’in ini lahir tahun 45 H, dan wafat tahun 120 H.

Imam ini memiliki dua perawi yaitu al-Bazzi dan Qunbul. Ahmad bin Muhammad bin Abdullah bin Abu Bazah al-Muadzin al-Makki adalah nama lengkap al-Bazzi, kunyahnya Abul Hasan, lahir 170 H, dan wafat di Makkah tahun 250 H. Adapun Muhammad bin Abdurrahman bin Khalid bin Sa'idal-Makki al-Makhzumi adalah nama lengkap Qunbul, kunyahnya Abu Amr (laqabnya adalah Qunbul) dan dia wafat di Makkah tahun 291 H.

3. Nafi al-Madani

Nafi bin Abdurrahman bin Abu Nu'aim al-Laitsi adalah nama lengkapnya.

Imam ini berasal dari Asfahan, lalu menjadi imam Darul Hijrah (Madinah), dan wafat di Madinah tahun 169 H.

Imam ini memiliki dua perawi yaitu Qalun dan Warsy. Nama lengkap Qalun adalah Isa bin Mina, kunyahnya Abu Musa (Qalun adalah laqab yang diberikan Imam Nafi karena qiraahnya yang bagus, dan menurut bahasa, kata ini searti dengan ram awi yakni jayyid atau bagus) lahir tahun 120 H, dan wafat tahun 220 H. Adapun Warsy, nama lengkapnya Utsman bin Sa'id al-Mishri, kunyahnya Abu Sa'id (dijuluki Warsy karena kulitnya putih bersih) dan wafat di Mesir pada tahun 197 H.

4. Ibnu Amir asy-Syami

Nama lengkapnya Abdulah bin Amir asy-Syami al-Yahshabi.

Imam ini adalah qadhi (hakim) di Damaskus pada masa al-Walid bin Abdul Malik, kunyah (nama panggilannya) Abu Amr, yang lahir pada tahun 21 H, dan wafat tahun 118 H di Damaskus.

Imam ini memiliki dua perawi yaitu Hisyam dan Ibnu Dzakwan. Hisyam bin Ammar bin Nashir al-Qadhi ad-Dimasyqi adalah nama lengkap Hisyam, kunyahnya Abul Walid, dan dia wafat tahun 245 H. Adapun Ibnu Dzakwan, nama lengkapnya Abdullah bin Ahmad bin Basyir bin Dzakwan al-Qurasyi ad-Dimasyqi, kunyahnya Abu Amr, lahir pada tahun 173 H dan wafat pada tahun 242 H.

5. Ashim al-Kufi

Nama lengkapnya Ashim bin Abin Najud al-Asadi.

Imam yang memiliki kunyah Abu Bakar dan tergolong Tabi'in, juga salah seorang syaikh iqra di Kufah, ini dikenal paling bagus bacaan Al-Qur'annya, dan dia wafat di Kufah pada tahun 128 H.

Imam ini memiliki dua perawi, yaitu Syu’bah dan Hafsh. Syu’bah bin Iyasy bin Salim al-Kufi adalah nama lengkap Syu'bah, lahir tahun 95 H, dan wafat tahun 193 H di Kufah. Adapun Hafsh bin Sulaiman binal-Mughirah al-Asadi al-Kufi adalah nama lengkap Hafsh, kunyahnya Abu Amr, dan dia wafat tahun 180 H.

6. Hamzah al-Kufi
Nama lengkapnya Hamzah bin Habib bin Imarah.

Imam ini lahir tahun 80 H, dan dia wafat pada masa pemerintahan Abu Ja'far al-Manshur tahun 156 H.

Imam ini memiliki dua perawi, yaitu Khalaf dan Khallad. Nama lengkap Khalaf adalah Khalaf bin Hisyam al-Bazzaz, kunyahnya Abu Muhammad, dan dia wafat di Baghdad pada tahun 229 H. Adapun Khallad bin Khalid adalah nama lengkap Khallad, kunyahnya Abu Isa, dan dia wafat tahun 220 H.

7. Al-Kisa’i al-Kufi

Nama lengkapnya Ali bin Hamzah an-Nahwi.

Imam yang memiliki kunyah Abul Hasan ini wafat tahun 189 H.

Imam ini memiliki dua perawi, yaitu Abul Harits dan ad-Duri. Nama lengkap Abul Harits adalah al-Lais bin Khalid al-Baghdadi, yang wafat tahun 240 H. Adapun ad-Duri, nama lengkapnya Abu Amr Hafs bin Umar bin Abdul Aziz bin Shuhban al-Azdi an-Nahwi adh-Dharir, wafat tahun 246 H, dan dia juga perawi Imam Amr bin al-Ala.

Demikian tulisan Biografi Singkat Ulama Qurra' Qira'ah Sab'ah atau 7 Ulama ahli qiraah. Semoga tulisan ini bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung di website kami. Bantu sebarkan artikel ini jika dianggap bermanfaat. Barokallohu fiikum

Sumber : Buku Tajwid Lengkap asy-Syafi'i
Baca Juga