Kemlu: 216 WNI Jamaah Tabligh Tersangkut Perkara Hukum di India -->

Iklan Semua Halaman

Kemlu: 216 WNI Jamaah Tabligh Tersangkut Perkara Hukum di India

Admin
Jumat, 24 April 2020

Asianmuslim.com - Kementerian Luar Negeri RI menyatakan sebanyak 216 WNI anggota Jamaah Tabligh saat ini tengah tersangkut perkara hukum di India karena melanggar kebijakan lockdown yang diterapkan di negara tersebut untuk membendung wabah virus corona (Covid-19).

“Untuk Jamaah Tabligh, terutama yang berada di India, Indonesia masih terus melakukan komunikasi dengan pemerintah India mengenai penanganannya. Mengantisipasi kemungkinan pengenaan sanksi hukum oleh otoritas India terhadap mereka,” kata Menlu Retno, seperti dilansir dari Kemlu.go.id, Rabu, (22/4/2020).

“Perwakilan Indonesia di India telah mengupayakan pendampingan hukum dan memberikan bantuan kekonsuleran. Kita akan memastikan bahwa seluruh hak-hak WNI yang sedang jalani proses hukum terpenuhi,” tambah Menlu Retno.

Total Jumlah Jamaah Tabligh dari Indonesia di luar negeri adalah 1.130 orang, sebagian besar berada di India, sebanyak 717 orang.

Dari 717 orang Jamaah Tabligh WNI di India, 216 orang diantaranya mendapatkan First Information Report (FIR). Diantara 216 orang tersebut, 89 orang diantaranya terjerat hukum dengan status Judicial Custody.

Sementara itu, jumlah Jamaah Tabligh WNI di Pakistan: 135 orang, dan di Bangladesh: 162 orang. (DH/MTD)

Sumber : Kemlu.go.id
Baca Juga