Penulis Buku 'A Man Called Ahok' Usulkan MUI Beri Fatwa Tiadakan Puasa Karena Corona

Iklan Semua Halaman

Penulis Buku 'A Man Called Ahok' Usulkan MUI Beri Fatwa Tiadakan Puasa Karena Corona

Admin
Kamis, 16 April 2020

Asianmuslim.com - Warganet kembali dihebohkan oleh salah satu cuitan seorang pegiat media sosial, yang juga penulis buku berjudul “A Man Called Ahok”, Rudi Valinka.

Pasalnya, ia mengusulkan kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI) agar mengeluarkan fatwa untuk memperbolekan orang tidak berpuasa. Mengingat kondisi negeri yang sedang dilanda wabah.

Hal ini ia tuliskan melalui akun Twitternya @kurawa pada 5 April 2020. Dalam cuitannya itu, dia juga mengusulkan untuk menganti puasa tersebut dengan membayar fidyah.

“Mumpung lagi libur, gue punya usul seandainya Bulan puasa yang akan tiba 17 hari lagi, kemenag dan MUI buat fatwa utk memperbolehkan orang tidak berpuasa dengan cara membayar Fidyah (denda) memberikan makan utk orang miskin.. Ini cara yang paling ideal dalam kondisi sekarang.” tulisnya.

Ia juga melanjutkan, bahwa bulan puasa tahun ini sangat berat. Di samping memang menyehatkan untuk menginstirahatkan lambung, namun dia menganggap di bulan puasa kerap melihat orang terkena batuk dan pilek, menurutnya ini akan menjadi masalah di tengah Covid-19.

“Bulan puasa tahun ini tentu sangat berat, untuk satu alasan puasa membuat orang sehat kita setuju (mengistirahatkan lambung) tetapi disisi lain saat bulan puasa kita juga sering melihat orang rentan terkena batuk pilek.. Tentu ini jadi masalah sendiri disaat covid19 sedang puncaknya.” lanjutnya.

Sontak Cuitan tersebut langsung diserang oleh warganet. Kebanyakan dari mereka membantah dan marah atas usulan yang dituliskan oleh Rudi.

Seperti yang ditulis oleh salah seorang netizen ini:

@Rizki44874585: “Mending lu usul ke @Kemenag_RI dan @MajelisUlamaID untuk bikin fatwa, haram pemerintah menelantarkan rakyatnya dengan dalih apapun.”

Dan ada juga komentar yang sekaligus ide bagus

@buki910: “Izin bertanya untuk usulan ini. Jika mengasumsikan orang miskin kesulitan berpuasa Ramadhan nantinya, mengapa tidak meminta pemerintah untuk menjamin kebutuhan masyarakat selama Ramadhan? Puasa Ramadhan hal wajib. Pemerintah menjamin dan melayani rakyat juga rasanya wajib, ya?”

Dan masih banyak lagi netizen yang mengomentari cuitan penulis diatas.

Source: ngelmu.co
Baca Juga