Tahukah Anda Dari Mana Asal Usul Nama Effendi?

Iklan Semua Halaman

Tahukah Anda Dari Mana Asal Usul Nama Effendi?

Admin
Selasa, 28 April 2020
Anak-anak Sultan Abdul Hamid 2, Sultan terakhir Turki Utsmani. Yang laki-laki bergelar Efendi.

Anda punya kawan bernama Effendi?
Atau jangan-jangan ayah Anda atau Anda sendiri yang bernama Effendi?

Dulu saya punya kawan namanya Effendi. Cuma panggilannya bukan itu. Pepenk. ;)

Ya perlu diakui nama Efendi di Indonesia cukup populer. Baik dalam bentuk tunggal maupun kombinasi dengan nama lain. Biasanya efendi diberikan untuk nama anak laki-laki.

Nama Effendi, atau derivasinya Efendi dan Affandi ini berasal dari Turki Utsmani. Effendi merupakan gelar kebangsawanan di Turki. Macam Sir kalau di Inggris atau Dato' kalau di Malaysia. Hanya saja gelar ini ditaruh di belakang nama. Misalnya ada ulama terhormat yang bernama Abu Bakr, maka ketika digunakan, gelarnya menjadi Abu Bakr Effendi.

Gelar ini biasanya diberikan kepada orang yang memiliki kedudukan atau jabatan tinggi di pemerintahan. Gelar ini juga diberikan kepada orang-orang terpelajar atau para ulama. Sejak runtuhnya kerajaan Turki Utsmani, gelar ini dihapus oleh Bapak Bangsa Turki, Mustofa Kamal.

Kalau ditelusuri lebih mendalam, istilah Effendi ini kembali ke Kekaisaran Byzantium. Turki Utsmani berdiri di atas puing-puing Byzantium. Kota Istambul dulunya adalah Konstantinopel, ibukota Imperium Byzantine. Gelar kebangsawanan Efendi ini pun ternyata berasal dari bahasa Yunani, aphentēs yang memiliki makna yang sama, TUAN BANGSAWAN.

Salah satu contoh bangsawan kenamaan pada masa itu adalah Abu Bakar Effendi, ulama Utsmani yang dikirim ke Cape Town Afrika Selatan atas permintaan Ratu Victoria untuk mengajarkan Islam kepada komunitas muslim di Cape Town.
Baca Juga