11 Nama Lain dari Al-Qur'an -->

Iklan Semua Halaman

11 Nama Lain dari Al-Qur'an

Admin
Rabu, 06 Mei 2020

Asianmuslim.com - Al-'Alamah az-Zarkasyi (w. 794 H) rahimahullah dalam kitabnya "al-Burhaan fii Uluum al-Qur`an" (I/273) membahas sebuah pasal terkait dengan nama-nama Al Qur`an, beliau menyebutkan bahwa al-Haraaliy mengarang sebuah kitab yang menyebutkan didalamnya nama-nama untuk Al Qur`an sampai 90-an nama. Namun yang ditampilkan oleh asy-Syaikh az-Zarkasyi rahimahullah adalah hitungan dari al-Qaadhi abu al-Ma'aaliy Aziziy bin Abdil Malik rahimahullah bahwa nama-namanya berjumlah 55 buah.

Diantara nama-nama yang sering kita dengar adalah :

1. Al-Kitab

وَٱلْكِتَٰبِ ٱلْمُبِينِ

"Demi Kitab (Al Quran) yang menjelaskan." (QS. Ad-Dukhaan : 2).

2. Kalamullah

حَتَّى يَسْمَعَ كَلَامَ اللَّهِ

"agar dia dapat mendengar firman Allah." (QS. At-Taubah : 6).

3. Huda (petunjuk)

: هُدًى وَّرَحْمَةً لِّلْمُحْسِنِيْنَ ۙ ﴿لقمان : ۳﴾

"sebagai petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang berbuat kebaikan," (QS. Luqman: 3).

4. Furqan (pembeda)

تَبٰرَكَ الَّذِيْ نَزَّلَ الْفُرْقَانَ عَلٰى عَبْدِهٖ لِيَكُوْنَ لِلْعٰلَمِيْنَ نَذِيْرًا ۙ ﴿الفرقان : ۱﴾

"Mahasuci Allah yang telah menurunkan Furqan (Al-Qur'an) kepada hamba-Nya (Muhammad), agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam (jin dan manusia)." (QS. Al-Furqan: 1).

5. Syifa (obat)

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْاٰنِ مَا هُوَ شِفَاۤءٌ وَّرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِيْنَ ۙ وَلَا يَزِيْدُ الظّٰلِمِيْنَ اِلَّا خَسَارًا ﴿الإسراء : ۸۲﴾

"Dan Kami turunkan dari Al-Qur'an (sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang yang beriman, sedangkan bagi orang yang zalim (Al-Qur'an itu) hanya akan menambah kerugian." (QS. Al-Isra': 82).

6. Dzikr (peringatan)

وَهٰذَا ذِكْرٌ مُّبٰرَكٌ اَنْزَلْنٰهُ ۗ اَفَاَنْتُمْ لَهٗ مُنْكِرُوْنَ ﴿الأنبياء : ۵۰﴾

"Dan ini (Al-Qur'an) adalah suatu peringatan yang mempunyai berkah yang telah Kami turunkan. Maka apakah kamu mengingkarinya?" (QS. Al-Anbiya': 50).

7. Kariim (mulia)

اِنَّهٗ لَقُرْاٰنٌ كَرِيْمٌ ۙ ﴿الواقعة : ۷۷﴾

"dan (ini) sesungguhnya Al-Qur'an yang sangat mulia," (QS. Al-Waqi’ah: 77).

8. Muhaimin (penjaga)

وَاَنْزَلْنَآ اِلَيْكَ الْكِتٰبَ بِالْحَقِّ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ الْكِتٰبِ وَمُهَيْمِنًا عَلَيْهِ

"Dan Kami telah menurunkan Kitab (Al-Qur'an) kepadamu (Muhammad) dengan membawa kebenaran, yang membenarkan kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya dan menjaganya," (QS. Al-Maidah: 48).

9. Mubaarak (penuh berkah)

وَهٰذَا كِتٰبٌ اَنْزَلْنٰهُ مُبٰرَكٌ فَاتَّبِعُوْهُ وَاتَّقُوْا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ ۙ ﴿الأنعام : ۱۵۵﴾

"Dan ini adalah Kitab (Al-Qur'an) yang Kami turunkan dengan penuh berkah. Ikutilah, dan bertakwalah agar kamu mendapat rahmat," (QS. Al-An'am: 155).

10. Bayan (penjelasan)

هٰذَا بَيَانٌ لِّلنَّاسِ وَهُدًى وَّمَوْعِظَةٌ لِّلْمُتَّقِيْنَ ﴿آل عمران : ۱۳۸﴾

"Inilah (Al-Qur'an) suatu keterangan yang jelas untuk semua manusia, dan menjadi petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa." (QS. Ali 'Imran: 138).

11. Aziz (Mulia)

وَاِنَّهٗ لَكِتٰبٌ عَزِيْزٌ ۙ ﴿فصلت : ۴۱﴾

"dan sesungguhnya (Al-Qur'an) itu adalah Kitab yang mulia," (QS. Fussilat: 41).

Nama-Nama tersebut bukanlah sekedar nama belaka tanpa sifat, namun ia adalah nama yang mengandung sifat dalam cakupan nama tersebut. Misalnya nama Al-Furqaan, maka Al Qur`an ini benar-benar sebagai pembeda antara yang hak dengan yang batil, antara petunjuk dengan kesesatan antara ilmu dengan kebodohan dan seterusnya. Al-Imam Ibnu Katsir rahimahullah dalam tafsirnya berkata :

"Karena itulah, Allah menemakan Al-Qur'an dalam ayat ini dengan Al-Furqan, sebab Al-Qur'an membedakan antara perkara yang hak dan yang batil, membedakan antara jalan petunjuk dan jalan kesesatan, dan membedakan antara jalan yang menyimpang dan jalan yang lurus, serta membedakan antara yang halal dan yang haram." -selesai-.

Begitu juga dengan nama Syifa`, maka Al Qur`an ini benar-benar sebagai obat, sebagaimana dikatakan oleh Syaikhul islam Ibnul Qoyyim dalam kitabnya "ad-Daa`u wa ad-Da'waa" :

فَإِنَّ الْقُرْآنَ كُلَّهُ شِفَاءٌ، كَمَا قَالَ فِي الْآيَةِ الْمُتَقَدِّمَةِ، فَهُوَ شِفَاءٌ لِلْقُلُوبِ مِنْ دَاءِ الْجَهْلِ وَالشَّكِّ وَالرَّيْبِ، فَلَمْ يُنْزِلِ اللَّهُ سُبْحَانَهُ مِنَ السَّمَاءِ شِفَاءً قَطُّ أَعَمَّ وَلَا أَنْفَعَ وَلَا أَعْظَمَ وَلَا أَشْجَعَ فِي إِزَالَةِ الدَّاءِ مِنَ الْقُرْآنِ.

"Sesungguhnya Al Qur`an itu seluruhnya adalah obat, sebagaimana dalam ayat tersebut, yaitu obat untuk hati dari penyakit kebodohan, keraguan dan kebimbangan. Tidaklah Allah Subhaanahu menurunkan dari langit suatu obat pun yang lebih umum, lebih bermanfaat, lebih agung dan lebih manjur dalam menghilangkan penyakit dibandingkan Al Qur`an."

Penulis: Abu Sa'id Neno Triyono
Baca Juga